Pada tahun 2014, jumlah peserta PIMNAS sebanyak 440 tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dari 7300 Proposal 5 bidang PKM yang dibiayai Ditjen Dikti yang melibatkan

345 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta seluruh Indonesia. Jumlah peserta PIMNAS hanya 7% dari total seluruh proposal PKM yang dibiayai Ditjen Dikti, dan pengalaman penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, peserta PIMNAS hanya melibatkan tidak lebih dari 100 PTN/S di seluruh Indonesia. Tentunya, akan sangat disayangkan sekali, jika dari ribuan proposal yang didanai, hanya sebagian kecil yang terpublikasi secara luas, sehingga menjadi kecil pula kesempatan untuk memberikan kontribusi bagi IPTEK dan mendapatkan apresiasi atas segala karya kreatif dan inovatif mereka. Oleh karena itu, PIMNAS Ke-27 di Undip Semarang mengusulkan kompetisi/lomba Poster PKM – PIMNAS 2014 Non Seleksi sebagai wujud penghargaan bagi Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) karya-karya mahasiswa yang mendapat pendanaan dari Ditjen Dikti Kemendikbud Tahun Anggaran 2014, tetapi tidak lolos PIMNAS-27 Tujuan Lomba Poster PKM-PIMNAS 2014 Non Seleksi

  1. Memberikan fasilitasi publikasi dan diseminasi hasil-hasil PKM 5(lima) bidang yang didanai Ditlitabmas Ditjen Dikti tahun 2014, tetapi tidak lolos seleksi PIMNAS Ke 27.
  2. Memberikan pemerataan kesempatan (affirmative action) dan pengalaman berkompetisi pada kegiatan ilmiah kepada PTN/S seluruh Indonesia yang belum pernah mengikuti PIMNAS dan atau tidak memiliki perwakilan peserta PIMNAS Ke 27.
  3. Menyebarluaskan semangat dan motivasi kepada seluruh peserta dan wilayah lingkungannya untuk mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa dan PIMNAS pada tahun-tahun berikutnya

Poster yang dilombakan :

  1. PKM Penelitian adalah poster hasil penelitian.
  2. PKMM Pengabdian kepada Masyarakat adalah Poster hasil program yang dilaksanakan.
  3. PKM Teknologi adalah Poster dari hasil program dan gambaran produk teknologi yang dihasilkan.
  4. PKM Karsa Cipta adalah Poster dari  hasil program dan gambaran Prototype (alat) yang dihasilkan.
  5. PKM Kewirausahaan adalah Poster dari gambaran produk dan usaha yang dijalankan.

Lomba Poster PKM PIMNAS non seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 25 s.d 28 Agustus 2014 di Halaman Gedung G, H dan I FPIK UNDIP (tenda rudder ber AC), bersamaan dengan tempat Pameran dan Lomba Poster PIMNAS. Ketentuan peserta Lomba Poster PKM – PIMNAS Non Seleksi adalah sebagai berikut :

  • PKM 5 bidang tahun 2014 yang didanai Ditlitabmas Ditjen Dikti namun tidak lolos seleksi PIMNAS Ke 27.
  • Perguruan Tinggi Negeri/Swasta asal PKM 5 bidang tahun 2014 tersebut belum pernah mengikuti PIMNAS dan atau tidak memiliki wakil peserta pada PIMNAS Ke 27.
  • Satu Perguruan Tinggi peserta, maksimal mengirimkan 2 tim, masing-masing tim maksimal beranggotakan 3 orang.
  • Hanya 100 tim pendaftar pertama (@ 20 peserta PKM tiap bidang) yang dapat menjadi peserta Lomba Poster PKM – PIMNAS Non Seleksi (Registration is accepted on a first-come, first-served basis).
  • Untuk asas pemerataan kesempatan dan aksesbilitas, sebanyak 50 tim ditawarkan untuk peserta dari pulau Jawa dan 50 peserta dari luar pulau Jawa.

Pendaftaran peserta Lomba Poster PKM – PIMNAS Non Seleksi dilakukan secara online pada web http://pimnas27.undip.ac.id dan mengikuti jadwal sebagai berikut :

  • Pendaftaran : 15 Juli – 7 Agustus 2014.
  • Pengumuman Penetapan Peserta : 9 Agustus 2014.
  • Pendaftaran Ulang dan Pembayaran : 9 – 15 Agustus 2014.

Keterangan :

  • Keputusan Penetapan Peserta oleh Panitia, mengikuti Aturan Peserta pada point VI. di atas. Keputusan Panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat.
  • Pendaftar yang telah ditetapkan Panitia menjadi Peserta, namun tidak mendaftar ulang sesuai jadwal yang telah ditetapkan, akan dibatalkan keikutsertaannya dan hak menjadi Peserta akan dialihkan kepada tim lain yang akan ditetapkan Panitia.

Peserta satu tim (satu tim= 3 orang) akan dikenakan biaya sebesar Rp. 1.200.000,- (satu juta dua ratus ribu rupiah) per orang dengan fasilitas Konsumsi dan penginapan Selama PIMNAS, atribut PIMNAS, akses sebagai penonton di lomba-lomba PIMNAS dan sertifikat peserta dari Dikti. Penilaian berdasarkan Poster PKM yang dihasilkan dengan mengacu pada penilaian dari Pedoman PKM Ditjen Dikti tahun 2013. Terdapat 3 kategori Juara, yaitu Juara I , II, III untuk masing-masing kategori PKM (total 15 Juara) dan hasil penilaian bukan termasuk dalam kategori penilaian PIMNAS. Pedoman Pembuatan Poster PKM – PIMNAS NON SELEKSI Poster yang akan ditampilkan di dalam Lomba Poster PKM – PIMNAS Non Seleksi mengacu kepada Panduan PKM – PIMNAS yang ditetapkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, dibuat dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :

  1. Poster berjumlah 1 (satu) lembar ukuran tinggi x lebar adalah 80 cm x 60 cm dipasang vertikal;
  2. Poster hendaknya terbaca dengan baik dalam jarak maksimum 7 kaki atau sekitar 2 meter;
  3. Jumlah maka maksimum 250 kata;
  4. Pedoman tipografi: disarankan teks rata kiri (justified menyulitkan/ meletihkan, kecuali ada pengaturan ruang antar kata); linespacing 1.2 spasi;
  5. Gunakan sub-judul dengan ukuran lebih besar dari teks (dapat juga memberi garis bawah/menggunakan bold);
  6. Batasi panjang kolom tidak lebih dari 11 kata. Gunakan tidak lebih dari 2 typeface (jenis huruf)/font;
  7. Jangan menggunakan huruf capital semua;
  8. Margin harus sesuai dengan besar kolom;
  9. Desain lay-out poster harus memperhatikan prinsip keseimbangan formal-non formal, yaitu simetris–asimetris, prinsip kesatuan pengaturan elemen gambar, warna, latar belakang, gerak mengarahkan mata pembaca mengalir ke seluruh area poster;
  10. Pertimbangkan hirarki dan kontras untuk menunjukkan penekanan objek atau hal mana yang diutamakan;
  11. Isi poster harus dapat terbaca secara terstruktur untuk kemudahan ‘navigasi’nya;
  12. Poster harus memuat judul, nama pelaksana dan logo Perguruan Tinggi,latar belakang/introduksi/abstrak, Metode, Hasil (teks dan gambar/fotografi/skema), Simpulan, Referensi (tambahan), Sponsor/lembaga (+logo), Detail kontak, Tanggal dan waktu penelitian, Keterangan Latar belakang, hendaknya singkat langsung kepada tujuan permasalahan (TujuanMetode – Hasil Temuan – Simpulan dan Saran);
  13. Lengkapi rencana usaha atau aktivitas usaha secara kuantitatif (nominal) untuk PKMK, penjelasan teknologi yang diterapkan bagi mitra sasaran untuk PKM-T, profil masyarakat sasaran dan luarannya untuk PKM-M, dan teori-metode yang diusung untuk PKM-P;
  14. Gambar produk jika ada akan sangat mendukung impresi pelaksanaan kegiatan secara visual;
  15. Poster dibuat dengan perangkat lunak aplikasi komputer (dengan grafik, tabel disertai hasil dokumentasi fotografi apa yang sangat dianjurkan jika ada); dan resolusi minimal 300 dpi.
  16. Poster dipasang di tempat yang telah disediakan dengan tidak menggunakan bingkai atau bahan penutup lainnya (termasuk kaca, laminasi, plastik dan sejenisnya).

Pengguna Aktif

We have 12 guests and no members online

UKM (keorganisasian)

Website Security Test